Heuristik Sejarah Islam Lokal Bengkulu sebagai Media Belajar Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Novi Puspitasari MAN 2 Kota Bengkulu
  • Ari Anggola MAN 1 KOTA BENGKULU

Keywords:

heuristik, islam lokal, sejarah kebudayaan islam, media belajar

Abstract

Konsep mata pelajaran sejarah adalah bercerita, hal ini membuat siswa banyak yang  mengantuk dan merasa bosan mengikuti pelajaran SKI.  Padahal SKI sangat penting untuk dipelajari oleh siswa karena akan memberikan tuntunan dan kebanggan terhadap agama Islam. Diharapkan dengan mempelajari sejarah Islam lokal daerahnya sendiri maka siswa akan meningkat motivasi belajarnya.

Materi sejarah kebudayaan Islam yang sulit di mengerti, materinya sangat luas dan bukti sejarah tidak bisa dilihat secara langsung. Hal ini juga merupakan factor  para siswa kurang meminati mata pelajaran  SKI.

Sejarah Islam lokal di Bengkulu bukti sejarah atau peninggalam-peninggalannya bisa kita kunjungi dan lihat secara langsung. Ini adalah alasan kenapa penulis  menggunakan media sejarah Islam lokal Bengkulu seabagai cerita pemancing minat siswa untuk belajar dan menumbuhkan rasa ingin tahu tentang sejarah Islam baik itu lokal dan global.

Heuristik adalah metode pendekatan atau teknik yang digunakan dalam penelitian sejarah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang masa lalu. Sejarah dan Kebudayaan Islam merupakan bagian penting yang tidak mungkin dipisahkan dari kehidupan kaum Muslimin dari masa ke masa khususnya bagi pendidikan di madrasah. Betapa tidak, dengan memahami sejarah dengan baik dan benar, baik guru maupun siswa bisa bercermin untuk mengambil banyak pelajaran dan membenahi kekurangan atau kesalahan mereka guna meraih kejayaan dan kemuliaan dunia dan akhirat.

Sebuah penelitian dilakukan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai atau mendapatkan jawaban atas pertanyaan atau permasalahan yang muncul yang terkait dengan objek penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak Heuristik Sejarah Islam Lokal Bengkulu sebagai media pembelajaran SKI untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa.

Fokus penelitian ini adalah memanfaatkan sejarah budaya lokal Bengkulu untuk meningkatkan minat belajar sejarah kebudayaan islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian heuristik. Penelitian heuristik  dalam  konteks  metode  sejarah  adalah  kegiatan  mencari sumber -sumber,   mendapatkan   data,   atau   materi    sejarah   atau   evidensi    sejarah.

Langkah-langkah penelitian untuk menjawab permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini, terdiri dari rangkaian pengumpulan data dan teknik pengolahan data. Strategi pengumpulan data meliputi studi literatur, wawancara mendalam (indept-intervew), strategi ini dioperasionalkan menurut sifat data yang ingin diperoleh.

Dengan menggunakan heuristik ini, diharapkan siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang sejarah kebudayaan Islam di Bengkulu dan menghargai warisan budaya yang ada dan meningkatan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam.

References

Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 165 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah, 37

Faisal, Sanafiah. 1990. Penelitian Kualitatif. Malang: Yayasan Asih Asuh.

Gayatri. 2017. Sejarah kebudayaan islam local. Purworejo : wordpress

Gayatri. 2017. Sejarah kebudayaan Isalm. Jakarta : wordpress (https://Gayatrinovalindasujito.Wordpress.Com/2017/10/22/Bicara-Tentang-Sejarah-Kebudayaan-Islam-Dan-Budaya-Lokal/)

https://sumsel.kemenag.go.id/opini/view/409/pentingnya-pelajaran-sejarah-dan-kebudayaan-islam

Ikhsan. 2017.Pentingnya pelajaran sejarah kebudayaan islam. Sumatera selatan : Kemenag

Rohimin,dkk. 2017. Masuk dan berkembangnya islam di Bengkulu. Bengkulu : Pustaka Pelajar

Japaruddin, 2021. Islam dan budaya lokal dalam tradisi tabut. Yogyakarta: samudra biru

Aminudin Muhammad.2019. Perkembangan Islam Di Bengkulu Semasa Pendudukan Kolonial Inggris (1685-1825). Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah

Melki. 2017. Menelusuri Sejarah Islam di Bengkulu. Jakarta: wordpress (https://suluhpergerakan.org/menelusuri-sejarah-islam-di-bengkulu/)

Ismail.2018. Masuk Dan Berkembangnya Islam Di Bengkulu Abad Xvi – Xx. Pasca sarjana Palembang

Imam Bawani, 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Sidoarjo: Khazanah Ilmu Sidoarjo

Beni Ahmad Saebeni, 2008. Metode Penelitian, Cet. I, Bandung: Pustaka Setia

Departemen Pendidikan Agama RI, 2004. Pedoman Khusus Sejarah kebudayaan Islam, Jakarta: Departemen Pendidikan Agama RI

Harjanto, 2005. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2023-08-11

Issue

Section

Articles