Pengembangan Bahan Ajar sebagai Kajian Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) pada MIS Darul Hikmah Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara

Authors

  • Zakiyah Hesti Susilawati zakiyah MIS Darul Hikmah

Keywords:

Bahan ajar, Buku, Problematika Pembelajaran SKI

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran belum cukup jika hanya diukur dari berapa banyak siswa yang lulus dan mendapatkan nilai yang baik , terutama dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang merupakan bagian dari mata pelajaran pendidikan agama islam pada madrasah.Salah satu tujuan pembelajaran SKI pada madrasah adalah membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. Untuk itu tulisan ini mencoba menelaah problematika yang dihadapi oleh guru mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Hikmah Desa Sido Mukti Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara dengan fokus kajian nya adalah bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan bahan ajar di MI darul Hikmah dan Upaya pengembangan bahan ajar.Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi Pustaka.Berdasarkan penelaahan yang dilakukan, buku menjadi bahan ajar yang dominan digunakan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Kata kunci : Bahan ajar, buku, problematika pembelajaran SKI

References

DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan Nasional, Panduan Pengembangan Bahan Ajar,(Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Atas, 2008).

https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-bahan-ajar.html/ diakses pada tanggal 2 Juli 2023 pukul 10.00 WIB

https://www.rikaariyani.com/2021/09/Pengertian-sumber-belajar.html/ diakses pada tanggal 2 Juli 2023 pukul 10.30 WIB

https://penerbitdeepublish.com/fungsi-bahan-ajar/ diakses pada Tanggal 2 Juli 2023 pukul 10.45

Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikandan sosial ( Kuantitatif dan kualitatif), Jakarta , 2008 : Gaung Persada Press, hlm. 187-188

Kementerian Agama RI, Standar Kompetensi (Sk) Dan Kompetensi Dasar(Kd)Matapelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab

Madrasah Ibtidaiyah, (Jakarta: SKKemenag, 2008)

Pramudi, Lanjar, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Bengkulu:LPMP, 2008.

Sadiman, Arif dkk, Media Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1993), hlm.7.

Sanjaya, Wina, Penelitian Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2013 Hlm. 59

Downloads

Published

2023-08-11

Issue

Section

Articles