Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Darussalam Tulung Singkip Lampung Utara

Authors

  • Ali Mashuri SEKULA

Keywords:

help to publised

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan pengajaran, dan latihan yang berlangsung di dalam ataupun diluar sekolah. Pendidik menilai atau mengukur tingkat keberhasilan siswa dengan kritreia yang ditentukan. Namun dalam pendidikan tidak akan terlepas dari suatu masalah. Yang menjadi masalah dari objek penelitian ini adalah masih kurang tepatnya seorang guru dalam menggunakan metode untuk menyampaikan pelajaran. Maka dari itu hasil belajar siswa masih sangat rendah. 

       Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran dan sebagai  objek penelitiannya adalah  siswa kelas V MI Darussalam Tulung Singkip Lampung Utara yang berjumlah 14 siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi menghitung volume kubus dan balok serta jaring-jaring kubus dan balok. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan.

       Penelitian ini dibagi menjadi dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode demonstrasi, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa.

       Pengumpulan data dalam penelitian  ini, data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus.

Kata kunci : Metode demontrasi, Matematika, Hasil belajar

References

Daheri, Mirzon. "Religious Moderation, Inclusive, and Global Citizenship as New Directions for Islamic Religious Education in Madrasah." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2022): 64-77.

Daheri, Mirzon, Edi Nurhidin, and Idi Warsah. "Kompetensi Guru Profesional: Potret Perjuangan Pendidikan Islam Syekh Jalaludin." An-Nawa: Jurnal Studi Islam 4, no. 2 (2022): 126-135.

Dimyati , dan Mudjiono, Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Erman Suherman, et. al, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Jica, 2003

M. Ngalim Purwanto, Psikologi pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990

M.Iqbal Hasan, Pokok-pokok Materi Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Sri Anitah W, Dkk, Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka cet. ke 11, 2011

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011

Downloads

Published

2023-08-22

Issue

Section

Articles