Evaluasi Implementasi Pembelajaran PAI Inklusif untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Akademik Siswa Berkebutuhan Khusus

Authors

  • ommaini MIS Bunut Tinggi

Keywords:

implementasi PAI inklusif 1; Prestasi Akademik 2; Berkebutuhan Khusus 3;

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) inklusif dengan fokus pada partisipasi dan prestasi akademik siswa berkebutuhan khusus. Kurikulum inklusif telah menjadi fokus perhatian dalam dunia pendidikan, dan PAI sebagai mata pelajaran penting juga perlu diintegrasikan secara inklusif. Dalam penelitian ini, pendekatan evaluatif digunakan untuk menganalisis keberhasilan dan tantangan dalam implementasi pembelajaran PAI inklusif. Metode penelitian meliputi observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis data akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PAI inklusif berdampak positif pada partisipasi siswa berkebutuhan khusus dan meningkatkan prestasi akademik mereka. Namun, masih ditemukan beberapa hambatan, seperti kebutuhan untuk pelatihan lebih lanjut bagi guru dan dukungan yang memadai untuk mendukung kesuksesan pembelajaran inklusif.

References

Bariah, K, and R Assya’bani. “Integrasi Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak: Studi Pembelajaran Akidah Akhlak Di MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah …, 2019. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/169.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Fahdini, A M, Y F Furnamasari, and D A Dewi. “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Kalangan Siswa.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 2021. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2485.

Istiqomah, O C Octavia Nur, S H Sri Haryanto, and ... “PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DEGRADASI MORAL SISWA KELAS XI DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO.” Repository FITK …, n.d. http://repo.fitk-unsiq.ac.id/id/eprint/1467/.

Lwin, May, Adam Khoo, Kenneth Lyen, and Caroline Sim. How to Multiply Your Child’s Intelligence (Cara Mengembangkan Berbagai Kompenen Kecerdasan). Yogyakarta: PT Indeks, 2008.

Mizani, Zeni Murtafiati. “Inclusive-Pluralistic Islamic Religious Education Model As an Alternative To Investing the Values of Religious Moderation.” Muslim Heritage 7, no. 2 (2022): 487–504. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v7i2.5018.

Muflihin, Ahmad, and Toha Makhshun. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2020): 91. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.91-103.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles