Pengaruh Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran PAI terhadap Penerimaan Nilai-Nilai Keagamaan dan Etika Siswa di Era Digital

Authors

  • hermi MIS Pagar Kec. Ulutalo

Keywords:

Pengaruh, Media Sosial, Pembelajaran PAI, Penerimaan, Nilai-nilai Keagamaan, Etika, Siswa, Era Digital.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan media sosial dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap penerimaan nilai-nilai keagamaan dan etika siswa di era digital. Dalam konteks pendidikan inklusif, penelitian ini menganalisis bagaimana penggunaan media sosial dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap nilai-nilai keagamaan dan etika dalam pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif dengan melibatkan siswa dari berbagai tingkat sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi para pendidik dan penyelenggara pendidikan dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai alat pendukung pembelajaran PAI yang inklusif di era digital.

References

Almah, Uun, Muhammad Ilyas Thohari, and Yorita Febri Lismanda. “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Tengah Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Social Distancing Di SMKN 5 Malang.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2020): 134–43.

Amanudin, Nurmalia. “Penerapan Hidden Curriculum Dalam Menjadikan Generasi Qurani Di SDIT Al Istiqomah Puri Kosambi Karawang.” Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta, 2021.

Budiani, Y D. Implementasi Pembelajaran Daring PAI Berbasis Soft Skill Di SMA Negeri 5 Malang. repository.unisma.ac.id, 2021. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6021.

Faisal, Muhammad. “Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital.” Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 2020, 195–202.

Herawan, E. “Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi Pendidik.” Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 2022. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/19826.

Leliana, Intan, and Venessa Agusta. “Strategi Humas Kementerian Perindustrian Dalam Menginformasikan Layanan Publik Melalui Youtube.” Jurnal Ilmu Komunikasi 6, no. 2 (2019): 110–19. https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6836.

Mardiana, D, R M T Supriyanto, and ... “Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa.” Tunas: Jurnal …, 2021. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/tunas/article/view/2519.

Nuraini, I. “UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS ANNAJAH ….” Repository.Uinjkt.Ac.Id, n.d. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/66475.

Sony, Michael, Jiju Antony, and Jacqueline Ann Douglas. “Essential Ingredients for the Implementation of Quality 4.0: A Narrative Review of Literature and Future Directions for Research.” TQM Journal 32, no. 4 (2020): 779–93. https://doi.org/10.1108/TQM-12-2019-0275.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles